Cara Membuat Penerang Lampu Sederhana

Halo Sobat Sederhana, di artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat penerang lampu sederhana. Mungkin di masa pandemi seperti ini, kita sering menghabiskan waktu di rumah dan perlu ada tambahan penerangan agar suasana menjadi lebih nyaman. Berikut adalah cara membuatnya.

Bahan dan Alat yang dibutuhkan

Sebelum memulai, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan dalam membuat penerang lampu sederhana. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang diperlukan:

Bahan
Alat
Lampu LED (1-2 buah)
Tang
Baterai 9V
Kabel listrik
Lem tembak
Solder
Bola lampu plastik transparan
Pisau cutter

Langkah-langkah Membuat Penerang Lampu Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat penerang lampu sederhana:

1. Siapkan alat dan bahan

Pertama-tama, siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

2. Potong bola lampu

Setelah semua bahan dan alat siap, langkah selanjutnya adalah memotong bola lampu plastik transparan dengan menggunakan pisau cutter. Potong bola lampu menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama.

3. Pasang lampu LED

Kemudian, pasang lampu LED pada salah satu bagian bola lampu dengan menggunakan solder. Pastikan lampu LED terpasang dengan baik dan kabel terhubung dengan benar.

4. Sambungkan baterai dan lampu LED

Sambungkan kabel listrik dari baterai 9V ke lampu LED yang sudah terpasang. Anda dapat menggunakan solder atau klip kabel listrik untuk menghubungkannya.

5. Lem bola lampu

Setelah semua kabel terhubung dengan baik, anda dapat menggunakan lem tembak untuk menempelkan kedua bagian bola lampu yang sudah dipotong tadi. Pastikan lem tembak menempel dengan baik dan kuat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Antena Mifi Smartfren Sederhana

FAQ

1. Apakah bisa menggunakan lampu LED yang lebih dari 2 buah?

Tentu saja bisa. Anda bisa menambahkan lampu LED sesuai dengan kebutuhan. Namun, pastikan ukuran dan daya baterai yang dipakai sesuai dengan jumlah lampu LED yang digunakan.

2. Bisa menggunakan baterai jenis apa saja?

Tidak hanya baterai 9V saja, Sobat Sederhana juga bisa menggunakan baterai jenis lainnya seperti AA atau AAA. Namun, pastikan ukuran baterai yang dipakai sesuai dengan jumlah lampu LED yang digunakan.

3. Apakah bola lampu harus plastik transparan?

Tidak harus. Anda bisa menggunakan bahan lain seperti plastik bening atau kaca. Namun, pastikan bahan yang dipakai dapat menahan panas dari lampu LED agar tidak merusak bahan tersebut.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara membuat penerang lampu sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Jangan lupa untuk berhati-hati saat menggunakan solder dan tang agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Penerang Lampu Sederhana