Halo Sobat Sederhana, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat animasi sederhana di Adobe Flash CS6. Adobe Flash CS6 adalah software yang digunakan untuk membuat animasi dan interaktif multimedia. Kita akan belajar bagaimana membuat animasi dengan mudah dan sederhana. Simak pembahasannya di bawah ini!
Apa itu Adobe Flash CS6?
Adobe Flash CS6 adalah software animasi yang digunakan oleh para profesional untuk membuat animasi yang kompleks dan terintegrasi dengan desain grafis. Dengan Adobe Flash CS6, kita dapat membuat animasi dengan gambar yang bergerak, suara, video, dan teks. Adobe Flash CS6 juga memungkinkan kita untuk membuat animasi interaktif dengan tombol, menu, dan link.
Kelebihan Adobe Flash CS6
Adobe Flash CS6 memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan software animasi lainnya. Kelebihan tersebut antara lain:
Kelebihan |
Keterangan |
---|---|
Memiliki fitur timeline yang lengkap |
Adobe Flash CS6 memiliki fitur timeline yang lengkap sehingga memudahkan dalam membuat animasi |
Mudah digunakan |
Adobe Flash CS6 mudah digunakan oleh pemula, tidak memerlukan kemampuan desain grafis yang tinggi |
Dapat digunakan untuk membuat animasi interaktif |
Dengan Adobe Flash CS6, kita dapat membuat animasi interaktif dengan tombol, menu, dan link |
Sistem Minimum yang Dibutuhkan
Untuk mengoperasikan Adobe Flash CS6, diperlukan sistem minimum sebagai berikut:
Kebutuhan |
Keterangan |
---|---|
Prosesor |
Intel Pentium 4, Intel Centrino, Intel Xeon atau Intel Core Duo dengan kecepatan minimum 1,3 GHz |
RAM |
512 MB untuk Windows XP, 1 GB untuk Windows Vista dan Windows 7 |
Hard Disk |
1 GB ruang kosong pada hard disk |
Lain-lain |
Resolusi layar 1024 x 768 dengan kartu grafis OpenGL 2.0, DVD-ROM drive, QuickTime 7.6.2 software yang dibutuhkan untuk multimedia features |
Berikut adalah 20 langkah mudah untuk membuat animasi sederhana di Adobe Flash CS6:
Langkah 1: Membuat file baru
Untuk membuat animasi baru, kita harus membuat file baru terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, ikuti langkah berikut:
1. Buka Adobe Flash CS6
2. Klik File > New
3. Pilih document type “ActionScript 3.0”
4. Tentukan lebar (width) dan tinggi (height) animasi sesuai yang diinginkan
5. Klik OK
Langkah 2: Mengatur Frame Rate
Frame rate adalah jumlah frame yang muncul per detik pada animasi. Semakin besar jumlah frame rate, maka semakin halus pula animasi yang dihasilkan. Untuk mengatur frame rate, ikuti langkah berikut:
1. Klik menu Properties (Ctrl + F3)
2. Tentukan nilai frame rate yang diinginkan
Langkah 3: Menggambar Objek
Menggambar objek adalah langkah awal dalam membuat animasi. Kita dapat menggambar objek-objek yang akan digunakan pada animasi, seperti karakter, benda, atau background. Untuk menggambar objek, ikuti langkah berikut:
1. Klik tool Oval atau Rectangle
2. Klik dan geser mouse pada area kerja untuk membuat objek
Langkah 4: Mengatur Warna Objek
Kita dapat mengatur warna pada objek yang telah digambar. Untuk mengatur warna objek, ikuti langkah berikut:
1. Klik objek yang akan diatur warnanya
2. Klik Fill Color pada panel Properties
3. Pilih warna yang diinginkan
Langkah 5: Mengatur Outline Objek
Kita dapat mengatur bentuk dan ukuran pada outline objek. Untuk mengatur outline objek, ikuti langkah berikut:
1. Klik objek yang akan diatur outline-nya
2. Klik Stroke Color pada panel Properties
3. Pilih warna outline yang diinginkan
4. Tentukan ukuran outline pada Stroke Size
Langkah 6: Mengatur Layer
Layer digunakan untuk mengatur tumpukan objek pada animasi. Kita dapat menambah, menghapus, mengatur urutan, dan mengganti nama layer. Untuk mengatur layer, ikuti langkah berikut:
1. Klik panel Layer
2. Klik ikon “New Layer” untuk menambah layer
3. Klik ikon “Delete Layer” untuk menghapus layer
4. Geser layer sesuai urutan yang diinginkan
5. Klik dan tahan nama layer untuk mengganti nama layer
Langkah 7: Mengatur Keyframe
Keyframe digunakan untuk membuat perubahan pada objek pada waktu tertentu pada animasi. Kita dapat menambah, menghapus, dan mengatur keyframe. Untuk mengatur keyframe, ikuti langkah berikut:
1. Klik frame yang ingin dijadikan keyframe
2. Klik kanan dan pilih “Insert Keyframe”
Langkah 8: Mengatur Motion Tween
Motion tween digunakan untuk membuat pergerakan objek pada animasi. Kita dapat mengatur gerakan yang diinginkan dengan mengatur posisi, skala, rotasi, dan skew. Untuk mengatur motion tween, ikuti langkah berikut:
1. Klik objek pada keyframe awal
2. Klik kanan dan pilih “Create Motion Tween”
3. Geser objek ke posisi yang diinginkan pada keyframe akhir
4. Klik kanan dan pilih “Create Motion Tween”
Langkah 9: Mengatur Shape Tween
Shape tween digunakan untuk membuat perubahan bentuk pada objek pada animasi. Kita dapat mengatur bentuk objek yang diinginkan dengan mengatur warna, alpha, atau bentuk. Untuk mengatur shape tween, ikuti langkah berikut:
1. Klik frame yang ingin dijadikan shape tween
2. Klik kanan dan pilih “Create Shape Tween”
3. Geser objek ke posisi yang diinginkan atau ubah warna atau alpha
4. Klik kanan dan pilih “Create Shape Tween”
Langkah 10: Mengatur Masking
Masking digunakan untuk membuat bagian dari objek terlihat atau tidak terlihat pada animasi. Kita dapat membuat objek yang berfungsi sebagai masker dan objek yang di-mask. Untuk mengatur masking, ikuti langkah berikut:
1. Klik objek yang akan dijadikan masker
2. Klik kanan dan pilih “Mask”
3. Geser objek yang akan di-mask ke dalam objek masker
Langkah 11: Mengatur Sound
Sound digunakan untuk menambahkan suara pada animasi. Kita dapat menambahkan file suara atau merekam suara langsung pada Adobe Flash CS6. Untuk mengatur sound, ikuti langkah berikut:
1. Klik menu Insert
2. Pilih Sound
3. Pilih file suara atau rekam suara langsung
Langkah 12: Mengatur ActionScript
ActionScript digunakan untuk membuat animasi interaktif. Kita dapat membuat tombol, menu, atau link pada animasi. Untuk mengatur ActionScript, ikuti langkah berikut:
1. Klik frame yang ingin diberi ActionScript
2. Klik panel Actions (F9)
3. Ketik kode ActionScript yang diinginkan
Langkah 13: Mengatur Publish Settings
Publish Settings digunakan untuk membuat output animasi dalam berbagai format. Kita dapat membuat output dalam format SWF, HTML, atau EXE. Untuk mengatur Publish Settings, ikuti langkah berikut:
1. Klik menu File > Publish Settings
2. Pilih format output yang diinginkan
Langkah 14: Mempersiapkan Output
Sebelum membuat output animasi, kita harus mempersiapkan berbagai hal seperti path file output, ukuran, dan quality. Untuk mempersiapkan output, ikuti langkah berikut:
1. Klik menu File > Publish
2. Tentukan path file output
3. Pilih ukuran dan quality output yang diinginkan
4. Klik Publish
Langkah 15: Mengatur Preloader
Preloader digunakan untuk menampilkan pesan loading pada animasi. Kita dapat membuat preloader dengan menggunakan kode ActionScript. Untuk mengatur preloader, ikuti langkah berikut:
1. Klik menu Window > Common Libraries > Preloader
2. Klik dan drag preloader ke stage
Langkah 16: Mengatur Template
Template adalah kumpulan objek yang dapat digunakan pada animasi. Kita dapat membuat template dengan memasukan objek-objek ke dalam library. Untuk mengatur template, ikuti langkah berikut:
1. Klik panel Library (Ctrl + L)
2. Klik kanan dan pilih “New Folder”
3. Beri nama folder sesuai dengan template
4. Klik objek yang akan dimasukan ke dalam template
5. Klik kanan dan pilih “Add to Library”
Langkah 17: Menambahkan Efek
Efek digunakan untuk menambahkan animasi pada objek. Kita dapat menggunakan efek bawaan Adobe Flash CS6 atau membuat efek sendiri dengan ActionScript. Untuk menambahkan efek, ikuti langkah berikut:
1. Klik objek yang akan diberi efek
2. Klik panel Properties (Ctrl + F3)
3. Pilih tab “Effect”
4. Pilih efek yang diinginkan
Langkah 18: Mengatur Background
Background adalah latar belakang animasi. Kita dapat menggunakan gambar atau warna sebagai background. Untuk mengatur background, ikuti langkah berikut:
1. Klik panel Properties (Ctrl + F3)
2. Pilih tab “Document”
3. Pilih warna atau masukan gambar pada Background
Langkah 19: Mengatur Text
Text digunakan untuk menambahkan teks pada animasi. Kita dapat mengatur jenis font, ukuran, warna, atau efek pada teks. Untuk mengatur text, ikuti langkah berikut:
1. Klik tool “Text”
2. Klik dan geser mouse pada area kerja untuk membuat kotak teks
3. Ketik teks yang diinginkan
4. Klik panel Properties (Ctrl + F3) untuk mengatur font, ukuran, warna, atau efek pada teks
Langkah 20: Mengatur Navigation
Navigation digunakan untuk mempermudah pengguna dalam mengakses animasi. Kita dapat membuat tombol, menu, atau link untuk navigasi pada animasi. Untuk mengatur navigation, ikuti langkah berikut:
1. Klik frame yang ingin diberi navigation
2. Klik panel Actions (F9)
3. Ketik kode ActionScript untuk tombol, menu, atau link yang diinginkan
FAQ
1. Apakah kita harus memiliki kemampuan desain grafis yang tinggi untuk menggunakan Adobe Flash CS6?
Tidak, Adobe Flash CS6 mudah digunakan oleh pemula. Namun, untuk membuat animasi yang kompleks memerlukan kemampuan desain grafis yang tinggi.
2. Apa saja format output yang bisa dibuat dengan Adobe Flash CS6?
Format output yang bisa dibuat dengan Adobe Flash CS6 antara lain SWF, HTML, atau EXE.
3. Apakah kita bisa menambahkan suara pada animasi?
Ya, kita bisa menambahkan suara pada animasi dengan menggunakan file suara atau merekam suara langsung pada Adobe Flash CS6.
4. Apakah kita bisa membuat animasi interaktif?
Ya, kita bisa membuat animasi interaktif dengan menggunakan ActionScript. Kita dapat membuat tombol, menu, atau link pada animasi.
5. Apakah kita bisa menambahkan efek pada objek?
Ya, kita bisa menambahkan efek pada objek dengan menggunakan efek bawaan Adobe Flash CS6 atau membuat efek sendiri dengan ActionScript.
Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya
Cara Membuat Animasi Sederhana di Adobe Flash CS6
https://youtube.com/watch?v=157EWzJ_kO8